Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar

Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar


Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar
Setting robots.txt di blogger yang benar sangat penting bagi situs untuk mengendalikan aktivitas perayap search engine. Sobat akan menemukan settingan robots.txt ini di pengaturan blogger. Blogger mempermudah menambahkan file robots.txt khusus. Itulah mengapa saya akan membahas hal ini.

Jika sobat ingin mendapat pengunjung organik diri SERP, maka sobat juga harus mensetting bagian robots.txt juga karena ini cukup berdampak untuk blog sobat. Robots.txt ini juga termasuk bagian utama dari situs blog. Jadi sobat harus tahu apa it robots.txt dan cara menggunakannya dengan benar di blog sobat.

Di antara banyak platform blogging, Blogger (Blogspot) merupakan yang paling enak di gunakan menurut saya. Karena  sobat dapat membangun blog professional  sobat di blogger. CMS Blogger sangat mudah digunakan. Seseorang atau kelompok bisa membangun dan menjalankan situsnya di blogger tanpa biaya apapun. Karena Blogger didukung langsung oleh Google jadi akan sanggat mudah untuk artikel sobat cepat terindex search engine.

Satu-satunya hal yang harus kita ketahui adalah penggunaan blogger yang tepat. Banyak blogger baru masih belum tahu cara menggunakan file robots.txt ini di blogger. Seperti yang telah saya katakan, ini sangat penting untuk mengetahui file robots.txt blog sobat bekerja dengan benar atau tidak dan bagaimana sobat bisa menambahkannya ke blog sobat jadi mari kita lihat.

Apa itu robots.txt?


Robots.txt adalah file teks sederhana yang mengontrol aktivitas crawler search engine. Masih Belum paham maksudnya?, tenang akan saya jelaskan lebih mendalam lagi hhe.  Robot dibuat untuk merayapi situs web yang ada di web dan mendapatkan pembaruan dari situs tersebut untuk memberitahu search engine tentang hal itu. Pernahkah sobat berpikir bahwa bagaimana Google atau search engine lainnya mendapatkan informasi situs web sobat dan melayani di hadapan ribuan orang?

Jawabannya adalah: search engine mengirim robot untuk merayapi situs sobat lagi dan lagi. Perayap akan datang ke situs Anda dan mendapatkan pembaruan ke situs sobat dan mengirimkan data ke database mesin pencari. Dengan cara ini search engine mengetahui informasi mana yang sobat berikan di blog sobat dan kapan menggunakannya untuk kebutuhan pengguna. Perayap memiliki banyak nama. Seseorang menyebutnya dengan nama bot, robot, laba-laba jadi jangan bingungnya.

Lantas apa hubungan antara crawler dan file robots.txt ini? Jika situs sobat berisi file robots.txt, maka crawler search engine akan datang ke situs sobat dan mencarinya. Setelah menemukan file robots.txt sobat, crawler akan mengetahui halaman atau URL mana yang harus dijelajahi dan diindeks dan halaman mana yang tidak.

Jika beberapa laman atau URL diblokir untuk perayap melalui file robots.txt sobat, perayap search engine tidak akan merayapi dan mengindeks halaman atau URL tersebut. Dengan cara ini, setting robots.txt akan mengendalikan aktivitas robot di situs sobat. Jadi dengan menggunakan file robots.txt akan membantu perayap search engine merayapi dan mengindeks situs Anda lebih akurat.

Dapatkah kita menggunakan file custom robots.txt atau robots.txt yang sudah dimodif di blogger?


Tentunya sobat bisa menggunakan file custom robots.txt di blogger. Blogger akan membiarkan sobat melakukan hal ini, tapi yang penting adalah jika sobat tidak mengerti penggunaan file robots.txt maka sebaiknya sobat tidak menambahkan atau mengedit file robots.txt default sobat karena satu kesalahan dalam file robots.txt yang sobat buat bisa menghalangi aksesibilitas robot. .

Jadi saran saya adalah, jika tidak ada alasan kuat untuk mengedit file robots.txt, sobat harus menggunakan robots.txt default saja. Blogger menyediakan file robots.txt standar secara default yang akan bekerja dengan baik untuk sobat. Sobat bisa mengeceknya di Google Webmaster, dibawah ini juga saya akan bagikan settingan file robots.txt defaultnya.

Cara Setting Robots.txt di Blogger.



  1. Login ke akun blogger sobat.
  2. Klik Settings – Search preferences.
  3. Klik Custom robots.txt – Edit “tekan tombol YA”.
  4. Masukan Kode di bawah ini lalu masukan ke dalam form robots.txt, ganti "Sitemap: https://4ddseo.blogspot.com/sitemap.xml" menjadi domain blog sobat.


Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar

Cara melihat Custom robots.txt blogger.

Jika sobat ingin mengecek file robots.txt sobat sobat cukup menaruh robots.txt setelah nama domain blog sobat “https://blog-sobat.com/robots.txt. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya



Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar

Terima kasih sudah membaca postingan saya "Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar". Jangan ragu untuk mengirim saya setiap komentar dan saran


Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Setting Robots.txt Di Blogger Yang Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.